Apakah Ini Cinta atau Ketergantungan Emosional?

Siapa sih yang nggak pingin sehat dan terlihat langsing? Semua orang juga mau, termasuk saya. Nah, kalau kamu pengen cepat sehat, kami punya Sari Lemon Untuk Kecantikan. Direkomendasikan oleh dokter ternama lho, yang kamu semua pasti mengenalnya. Siap sehat?

Salah satu klien saya, yang mantan pacarnya baru-baru ini putus dengannya, bertanya kepada saya pertanyaan berikut:

“Saya pikir saya masih mencintainya, tetapi apakah ini cinta atau hanya ketergantungan emosional? Sering kali saya bertanya pada diri sendiri apakah jatuh cinta berasal dari diri yang terluka karena (setidaknya bagi saya) rasanya seolah-olah saya tidak bisa hidup tanpa orang lain. Ketika saya memberikan cinta dari hati, saya tidak mengharapkan balasan, tetapi ketika saya jatuh cinta, saya pikir ini adalah energi yang berbeda. ”


Jatuh cinta bisa datang dari dua kondisi batin yang berbeda. Ketika Anda jatuh cinta dari diri yang terluka - ego diri - Anda jatuh cinta dengan bagaimana orang lain mencintai Anda. Anda menyerahkan kepada orang lain tanggung jawab atas harga diri dan kesejahteraan Anda, dan jika dia melakukan pekerjaan dengan baik dengan memperhatikan Anda dengan cara yang Anda inginkan, maka Anda mungkin mengatakan Anda “jatuh cinta” . " Namun, bukan orang yang Anda cintai, tetapi bagaimana dia mencintai Anda. Ketika rasanya Anda tidak bisa hidup tanpa orang lain, itu adalah ketergantungan emosional. Bagian dari diri Anda yang “jatuh cinta” sebenarnya adalah anak atau remaja yang membutuhkan cinta karena Anda tidak memberikan cinta kepada diri sendiri atau orang lain. Ada kekosongan di dalam diri Anda yang ingin diisi orang lain, karena Anda tidak bertanggung jawab atas perasaan harga diri Anda sendiri. Anda menempelkan nilai Anda pada cinta orang lain, itulah sebabnya Anda tidak bisa hidup tanpa orang itu.

Ketika Anda jatuh cinta sebagai orang dewasa yang penuh kasih alih-alih sebagai anak atau remaja yang terluka, membutuhkan, kebutuhan Anda untuk hubungan itu sama sekali berbeda. Sebagai orang dewasa yang pengasih, Anda telah belajar bagaimana mengisi diri sendiri dengan cinta dan menentukan nilai Anda sendiri. Alih-alih membutuhkan seseorang untuk mengisi Anda dan membuat Anda merasa dicintai dan layak, Anda sudah merasa layak dan penuh cinta. Anda mengalami kepenuhan batin ini karena Anda telah belajar bagaimana mengambil tanggung jawab penuh atas perasaan dan kebutuhan Anda sendiri, dan Anda telah belajar untuk mengisi diri Anda dengan cinta dari Sumber Ilahi. Kepenuhan ini meluap dan Anda ingin berbagi cinta ini dengan orang lain, orang dewasa yang penuh kasih yang juga dipenuhi dengan cinta. Keinginan Anda adalah untuk berbagi cinta daripada untuk mendapatkan cinta.

Jenis orang yang akan Anda pilih akan sangat berbeda ketika orang dewasa yang penuh kasih memilih daripada ketika diri Anda yang terluka memilih. Orang-orang yang kami pilih memiliki tingkat luka yang sama dan tingkat kesehatan emosional yang serupa. Jelas, semakin Anda telah melakukan pekerjaan batiniah Anda untuk terhubung dengan Cinta Ilahi dan membawa cinta itu ke dalam untuk menjaga diri Anda dengan penuh kasih, semakin Anda tertarik pada seseorang juga melakukan hal ini.

Ketika Anda memilih dari diri Anda yang terluka, Anda akan memilih seseorang yang Anda percaya ingin pekerjaan mengisi Anda. Masalahnya adalah bahwa orang lain mungkin berusaha mengisi Anda dengan harapan bahwa Anda juga akan mengisinya. Dua orang yang masing-masing ingin mendapatkan cinta daripada berbagi cinta pada akhirnya akan merasa sangat kecewa satu sama lain. Mereka masing-masing akan menyalahkan yang lain karena tidak mencintai mereka dengan cara yang mereka inginkan untuk dicintai. Ketika hubungan putus, seringkali karena salah satu atau kedua pasangan tidak bertanggung jawab atas perasaan dan harga diri mereka sendiri dan menyalahkan yang lain karena ketidakbahagiaan mereka.

Jika Anda begitu terikat dengan seseorang sehingga Anda merasa tidak bisa hidup tanpa orang itu, cobalah belajar memberi kepada diri sendiri dan orang lain apa yang Anda inginkan dari orang ini. Tugas Anda adalah menjadi orang itu bagi diri Anda sendiri seperti yang Anda inginkan. Maka Anda akan bisa "jatuh cinta" daripada "membutuhkan." Anda akan dapat mencintai orang lain apa adanya dia daripada apa yang orang ini bisa lakukan untuk Anda. Alih-alih membutuhkan untuk mendapatkan cinta, Anda dapat memberikan cinta dari hati untuk kesenangan itu dan merasa dipenuhi dengan memberi.

0 Response to "Apakah Ini Cinta atau Ketergantungan Emosional?"

Posting Komentar

wdcfawqafwef