10 Tips Saat Anda Akan Wisata ke Hong Kong

10 Tips Saat Anda Akan Wisata ke Hong Kong


Hong Kong adalah kota internasional dan banyak dikunjungi wisatawan yang datang dari seluruh dunia sepanjang tahun. Menurut statistik Pemerintah Hong Kong, jumlah wisatawan internasional yang mengunjungi Hong Kong pada tahun 2005 mencapai 10,8 juta yang merupakan kenaikan 13,1% bila dibandingkan dengan tahun 2004. Negara-negara seperti Australia, Kanada, Prancis, China, India, Indonesia, Malaysia, Singapura , Korea, Thailand, Inggris dan Amerika Serikat, semuanya menyumbang pertumbuhan wisatawan yang signifikan bagi Hong Kong. Artikel ini menyajikan beberapa tip pengelana penting bagi wisatawan sehingga anda bisa menikmati lebih banyak dan menikmati perjalanan yang indah ke Hong Kong.

1. Identitas dan Keamanan Pribadi

Wisatawan harus membawa identitas diri yang valid seperti paspor selama mereka tinggal di Hong Kong. Hong Kong adalah kota yang sangat aman dengan tingkat kejahatan yang rendah. Namun, karena populasinya yang padat, tidak disarankan untuk membawa uang dalam jumlah besar saat keluar karena sebagian besar toko di Hong Kong menerima kartu kredit. Barang berharga harus dikunci di brankas di hotel. Anda bisa dengan mudah menemukan polisi di jalanan kapan pun Anda mengalami masalah.

2. Biaya Layanan

Sebagian besar restoran kecuali toko makanan cepat saji akan menambahkan 10% biaya layanan ke tagihan. Karena itu, anda bisa memberikan uang pas dari perubahan tersebut sebagai tip layanan. Untuk sopir taksi atau portir di hotel, tidak ada aturan yang ditetapkan untuk tip layanan, anda bisa memberikan tip setiap kali anda merasa layanan ini pantas dihargai.


3. Layanan Telepon

Semua telepon lokal gratis kecuali telepon umum yang dikenai biaya HK $ 1 setiap 5 menit. Panggilan darurat adalah 999 dan bebas untuk menelepon bahkan di telepon umum. Anda bisa menggunakan kartu telepon SLI atau kartu kredit untuk panggilan jarak jauh, atau hanya melalui operator untuk panggilan telepon di semua telepon umum.


4. Minum Air

Air minum di Hong Kong mencapai standar Organisasi Kesehatan Dunia. Namun, anda juga bisa memilih untuk membeli botol air di supermarket jika menurut anda perlu.


5. Taksi

Semua taksi hanya menerima uang tunai dan mereka mencetak faktur kapan pun anda minta. Lebih mudah naik taksi di pemberhentian taksi atau di luar hotel. Banyak supir taksi bisa mengerti bahasa Inggris sederhana. Disarankan menuliskan tujuan anda (dalam bahasa Inggris) di atas kertas untuk meminimalkan kesalahpahaman. Biaya taksi didasarkan pada meter yang HK $ 15 untuk 2 Km pertama dan HK $ 1,4 untuk 0,2 Km berikutnya. Selain itu, ada biaya terowongan mulai dari HK $ 3-45 tergantung terowongan mana yang harus anda ambil. Argo ditampilkan dengan jelas di sisi dalam pintu sehingga anda bisa memeriksanya sebelum Anda membayar. Jika ada keluhan atau kehilangan barang, anda dapat mencatat nama supir taksi dan nomor platnya yang ditunjukkan dengan jelas di kursi depan, dan melapor ke hotline polisi: 2527 7177 bila diperlukan.


6. Mass Transit Railway (MTR)

Hong Kong memiliki 6 rute MTR, yang mencakup sebagian besar wilayah Pulau Hong Kong, Kowloon dan New Territories.
Rute Tsuen Wan: Tsuen Wan ke Central
Rute Kwun Tong: Yau Mat Tei ke Tiu Keng Leng
Rute Tseung Kwan O: Titik Utara ke Po Lam
Rute Utama: Sheung Wan ke Chai Wan
Rute Tung Chung: Tung Chung ke Hong Kong
Rute Bandara: Bandara ke Hong Kong
Karena kenyamanan MTR dan kawasan padat di Hong Kong, sebagian besar wisatawan merasa tidak perlu menyewa mobil selama mereka tinggal. Selain itu, karena lalu lintas yang sangat padat dan kompleksitas jalan kota, tidak disarankan bagi wisatawan untuk menyetir. Jika anda benar-benar membutuhkan penyewaan mobil, anda dapat berkonsultasi dengan hotel anda, dan siapkan paspor dan SIM anda.


7. Kowloon Canton Railway (KCR)

KCR adalah jalur kereta api utama yang menghubungkan New Territories dan kota Kowloon. Kereta ini berjalan melalui Tsim Sha Tsui Timur ke Lo Wu yang memakan waktu sekitar 40 menit untuk keseluruhan rute. Lo Wo adalah stasiun terakhir yang bisa anda lewati untuk masuk ke China dengan visa yang valid. Kereta akan berangkat setiap 3 sampai 10 menit, dan yang paling awal akan dimulai pada pukul 5:35 pagi sedangkan yang terakhir akan berangkat pukul 12:20 malam. Untuk kelas biasa dan kelas satu seharga HK $ 18 dan HK $ 36 masing-masing dari Hung Hom ke Sheung Shui.


8. Trem

Layanan trem telah dimulai pada tahun 1904 dan merupakan sistem transportasi tertua di Hong Kong. Ini hanya melayani Pulau Hong Kong yang berjalan dari Kennedy Town ke Shau Kei Wan ditambah rute lain ke Happy Valley. Trem paling awal dimulai pukul 6:00 pagi dan berjalan sampai pukul 01:00. dengan harga HK $ 2 untuk orang dewasa dan HK $ 1 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun. Ini adalah transportasi termurah di Hong Kong, dan anda sangat dianjurkan untuk naik mobil di tangga atas sehingga anda bisa menikmati semua pemandangan jalanan Hong Kong.


9. Star Ferry

Pemandangan pelabuhan Hong Kong terkenal di dunia, terutama pemandangan malam. Selain itu, ada pertunjukan cahaya spektakuler oleh bangunan komersial di pulau Hong Kong pada pukul 08:00 malam. Setiap malam yang tidak boleh anda lewatkan. Star Ferry telah melayani pelabuhan selama lebih dari 100 tahun, dengan harga kurang dari HK $ 3 per trip. Anda bisa membawa Star Ferry dari Cental ke Tsim Sha Tsui sekitar pukul 08:00 malam. Anda bisa menikmati pemandangan pelabuhan di feri dan melanjutkan pertunjukan cahaya di Starlight Road Tsim Sha Tsui.


10. Bandara Internasional Hong Kong

Rute yang paling nyaman ke Bandara Internasional Hong Kong adalah melalui MTR yang memakan waktu sekitar 23 menit dari Central. Ia melewati stasiun Kowloon, Olimpiade, Tsing Yi, dan kereta api akan berangkat setiap sepuluh menit. Dengan MTR, anda tidak akan pernah ketinggalan pesawat karena kemacetan. Selain MTR, anda bisa naik Bus Bandara yang dimulai pukul 06:00 pagi sampai pukul 11:00. di malam hari. Ini mencakup sebagian besar wilayah Pulau Hong Kong dan Kowloon dengan hotel-hotel besar.

0 Response to "10 Tips Saat Anda Akan Wisata ke Hong Kong"

Posting Komentar

wdcfawqafwef