Rahasia Seorang Penulis Miliarder


Selama karir yang mencakup dua puluh lima tahun karya novel, film, dan televisi, saya memiliki dua alat utama yang paling berharga: "chakra" yoga untuk karakterisasi, dan model Joseph Campbell untuk pengembangan plot.
Baca juga artikel tentang Manfaat Menulis Aritikel.

Ini bukan pilihan acak, dan juga tidak dipilih karena banyaknya esai cerdas dan bijaksana tentang hubungan mereka dengan film sukses atau mitos dunia.
Sebaliknya, ini penting karena mereka menciptakan hubungan antara dunia batin penulis, dan dunia eksternal dari karya akhir - dan pembaca.

Struktur plot tidak lebih dari alat untuk mengatur kejadian dalam urutan temporal. Meskipun ada lebih banyak struktur seperti itu daripada ada penulis profesional, hanya sedikit dari mereka yang memenuhi kriteria ribuan siswa untuk dipertimbangkan: apakah sebenarnya mudah digunakan dan diterapkan? Alat sederhana, bagaimanapun terbatas, bisa lebih banyak digunakan daripada alat rumit yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dikuasai. Ingat: Anda akan mencapai kualitas nyata dalam tulisan Anda hanya dengan menguasai dasar-dasar Anda.

The Hero's Journey, yang diambil dari ribuan tahun mitologi dunia, memiliki keuntungan untuk benar-benar meniru jalan kehidupan itu sendiri. "Tiga struktur tindakan" tidak. Bagaimanapun ... hidup tidak dibagi menjadi tiga, atau lima, atau delapan tindakan. Pembagian semacam itu bisa menjadi alat yang berguna, tapi tidak boleh salah untuk semacam "kebenaran" tentang eksistensi. Sebagai perbandingan, perhatikan penafsiran ini (ada yang lain) dari langkah-langkah Perjalanan Pahlawan, dan untuk menjelaskannya, kita akan melihat film Star Wars yang pertama, "Episode IV, A New Hope":

1) Hero dihadapkan dengan tantangan. "Ikutlah dengan saya, Luke, pelajari cara-cara Force." Ini cukup jelas, bukan? Harus ada tantangan, atau isyarat, atau karakter tidak akan mulai berubah - dan semua tulisan bagus adalah tentang perubahan.

2) Hero awalnya menolak tantangan ini. "Saya berjanji pada Paman Owen bahwa saya akan mengerjakan evaporator kelembaban." Tantangan nyata, tantangan yang bisa memancing perubahan nyata, akan menakutkan dan mengasyikkan. Karakter biasanya akan memiliki beberapa pemesanan.

3) Hero menerima tantangannya. Bibi dan paman Lukas terbunuh, membebaskannya dari sumpahnya. Jika karakter Anda tidak menerima tantangan, tidak ada cerita-kecuali ceritanya tentang konsekuensi tidak menerima tanggung jawab.

4) Jalan uji coba. Bepergian ke kota gurun dan kantin, naik pesawat ruang angkasa Han Solo, bepergian ke planet lain, dll. Ini adalah bagian di mana lokasi dan urutan berinteraksi. Karakter bergerak, belajar, melakukan tindakan yang memaksa interaksi dengan lingkungan, dan lingkungan merespons secara positif atau negatif, dengan taruhan lebih besar dan lebih besar seiring dengan perkembangan cerita.

5) Mendapatkan sekutu dan kekuasaan. Luke bertemu dengan Han Solo, dan Chewbacca, dan Obi-Wan, dan Putri Leia. Dia belajar tentang Force, dan penggunaan Light Sabres, dan bagaimana cara terbang dan melawan dan menyelamatkan putri. Jika karakter Anda tidak harus tumbuh untuk menyelesaikan masalah, Anda mungkin telah memilih masalah atau karakter yang salah!

6) Konfrontasi awal dengan kejahatan. Dan kekalahan. Kematian Obi-Wan. Atau mungkin serangan bencana pada Death Star. Yang satu bersifat pribadi dan emosional, yang lain spektakuler dan fisik.

7) Malam gelap jiwa. Saat kelemahan terbesar. Luke mulai percaya bahwa dia tidak bisa menang, dan semua yang dia cintai akan mati.
8) Lompatan Iman. "Percayalah Perasaan Anda, Luke." Lompatan Iman selalu beriman pada satu dari tiga hal: iman kepada diri sendiri, iman kepada teman Anda, atau iman kepada kekuatan yang lebih tinggi. Dalam "Star Wars" ketiganya! Ini mungkin satu-satunya saat dalam sejarah bioskop bahwa ini benar, dan membantu menjelaskan mengapa George Lucas adalah miliarder.

9) Menghadapi Kejahatan-menang. Bintang Kematian berhembus.

10) Siswa Menjadi Guru. Luke disajikan dengan medali, yang membuatnya menjadi panutan.

###
Sepuluh langkah di atas bukanlah pola cookie cutter. Mereka adalah gabungan kebijaksanaan dunia tentang jalan hidup itu sendiri, proses yang kita lakukan dalam mencapai tujuan yang bermanfaat. Akan ada ketakutan. Akan ada kekalahan. Kita perlu mendapatkan keterampilan dan teman dan mitra baru. Kita harus jelas tentang penerimaan tujuan dan tanggung jawab kita. Kita harus memiliki iman.

Dan akhirnya, jika kita telah berjuang, dan belajar, dan berkorban, dan bergerak melalui ketakutan kita ... kita belajar dan tumbuh dan sukses. Dan kemudian kita mengajar orang lain. Inilah pola kehidupan, dan setiap saat Anda mengatur informasi dan kejadian menjadi sebuah pola yang mengingatkan kita akan hal ini, sistem saraf manusia, di seluruh dunia, akan mengenalinya sebagai cerita.

Ini bukan semacam penyembuhan-semuanya untuk teller cerita yang buruk. Apa sepuluh langkah ini adalah sesuatu yang serupa dengan delapan puluh delapan kunci piano. Pahami makna emosional dan kehidupan masing-masing langkah, dan kemudian "mainkan mereka" sebagai insting berkembang Anda mendikte. Buat jenis musik Anda sendiri. Pola ini telah bekerja selama sekitar tiga puluh ribu tahun. Ini akan bekerja untuk Anda juga.

0 Response to "Rahasia Seorang Penulis Miliarder"

Posting Komentar

wdcfawqafwef